Begini mengatasi kesulitan belajar

Belajar itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap manusia. Disadari atau tidak, diakui atau tidak bahwa apa yang telah diketahui itu merupakan hasil dari belajar.
Belajar bukan hanya diperoleh dari bangku sekolah saja. Tetapi dimana dan kapan saja, sejatinya manusia itu senantiasa belajar. Tau bagaimana makan karena melihat orang lain makan. Tau bagaimana minum dari penglihatan juga. Tau bagaimana kebaikan juga daru apa yang didengar dan dilihat. Begitu juga dengan keburukan. Intinya apa yang didengar dan dilihat itulah manusia menjadi tau dan terpulang kepada pribadi masing-masing dilaksanakan atau tidak.
Persoalannya adalah tidak sedikit orang, terutama pelajar atau siswa membedakan mana belajar dan mana bukan belajar. Anggapannya belajar itu di sekolah. Bahkan dipersempit lagi hanya di dalam kelas. Bagi anggapan umumnya siswa bahwa belajar itu kalau ada guru dan buku. Kalau tidak ada itu maka belajar diganti dengan bermain dan bercanda ria menghabiskan waktu sia-sia. Dan puncaknya berharap cepat pulang.
Kalau saja pelajar itu mau berfikir sedikit dan berusaha mengartikan makna belajar maka waktunya akan digunakan lebih banyak belajar daripada bermain. Padahal usaha berfikir untuk mencari makna belajar itu sudah bahagian dari belajar sebenarnya.
Intinya bahwa belajar itu adalah berusaha mencari tau dan dipahami dan diamalkan hasilnya kapan saja dan dimana saja.
Lalu apa penyebab kesulitan belajar itu ?! Silahkan klik disini untuk mendapatkan menjelasannya.
Maka yang mesti dilakukan agar kesulitan belajar itu dapat diatasi adalah ;
1. Sadarkan diri
2. Aktifkan pikiran dan perasaan
3. Tinggalkan yang menghalangi belajar
4. Berusaha keras untuk fokus
5. Cicil menyelesaikan tugas-tugas
6. Jadikan belajar itu hobby
7. Komunikasikan kesulitan itu dengan guru dan orang tua
8. Memilih dan memilah teman yang mau belajar
9. Berdoa
10. Rutinkan
11. Tetap semangat
Kesimpulannya adalah jadikan belajar itu kebutuhan seperti makan. Belajar itu makanan rohani. Sedangan makan nasi itu makanan jasmani. Berlaku adillah pada dirimu dari sekarang.
Katakan "Study yes. Malas no !!"

Comments