Masalah yang sering di hadapi oleh siswa di sekolah

Penulis yang sehari-harinya sebagai pendidik di sekolah, sering memperhatikan dan mengamati perilaku para siswa di sekolah. Hal ini dilakukan karena kebenarannya penulis adalah seorang Guru BK dan sebagai bentuk perhatian terhadap siswa dan ingin memberikan solusi dan kontribusi bagi siswa agar kegiatan belajar dan pembelajaran lebih baik dan efektif. Yang baik agar dipertahankan dan kalau dapat ditingkatkan agar lebih baik. Dan yang tidak baik agar diperbaiki demi kebaikan dan kemajuan bagi siswa itu sendiri.

Sepanjang pengamatan, masalah yang sering dihadapi oleh siswa di sekolah ada dua perkara ;
1. Tidak disiplin
2. Berakhlak buruk

Tidak disiplin meliputi ;
1. Terlambat hadir di sekolah
2. Tidak tempat waktu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan
3. Absen
4. Cabut pelajaran dan sekolah
5. Terlambat bayar uang sekolah
6. Berpakaian seragam yang tidak sesuai dengan ketentuan sekolah
7. Malas
8. Main hape di saat jam dan tempat yang tidak dibenarkan

Sedangkan berakhlak buruk meliputi;
1. Berkata kasar dan kotor
2. Membully teman
3. Tidak menghormati guru dan warga sekolah
4. Tidak menjaga kebersihan
5. Makan dan tidak pada tempat dan waktu
6. Lalai bahkan meninggalkan shalat
7. Jarang mengaji
8. Berkelahi
9. Merusak peralatan dan fasilitas sekolah

Adapun penyebab terjadinya masalah-masalah di atas adalah;
1. Kurang perhatian orang tua dan guru
2. Pengaruh pergaulan dan lingkungan
3. Tidak peduli dengan kesalahan dosa
4. Kurang akal

Dengan demikian, semestinya masalah-masalah di atas bisa diatasi dengan;
1. Perhatian orang tua dan guru yang memadai
2. Kesadaran siswa itu sendiri
3. Memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat
4. Tidak pernah ada kata menunda-nunda.
5. Memilih dan memilah teman yang benar dan tepat

Setelah kamu membaca artikel di atas, kira-kira masalah yang mana sering dilakukan ? Caranya dengan memberi jawaban di kolom komentar di bawah ini.

Contoh ;
Lalai bahkan meninggalkan shalat. Jarang mengaji (Muhammad Messy. Kelas IX-4 SMP NII)

Comments