Ternyata pacaran itu hanya dibolehkan bagi orang ini

Seperti yang telah dimaklumi bahwa wanita tercipta untuk mendampingi pria sebagaimana Nabi Adam as didampangi oleh Siti Hawa sebagai istrinya untuk menambah keturunan dan keberlangsungan kehidupan.
Oleh sebab itu, Tuhan memerintahkan kepada manusia untuk saling mengenal dan menikah bagi pria dan wanita apabila sudah dewasa. Itu makanya masing-masing diberi Tuhan perasaan saling suka dan mencintai.
Lalu bagaimana dengan pacaran ?! Apakah sama dengan saling mengenal atau dalam istilah agamanya adalah ta'aruf ?!. Bagaimana hukumnya ?!
Dalam agama dikenal dengan ta'aruf dan menikah yang tujuannya agar tidak mendekati zina atau hubungan tanpa status yang dibenarkan. Seperti pertemanan dan pasutri (pasangan suami istri).
Pertemanan yang dimaksud adalah hubungan sebatas mengenal tanpa ada "melebihi" seperti layaknya suami istri. Diantaranya jalan, duduk dan tinggal berduaan. Tetapi mengenal nama dan berhubungan dengan sekolah dan pekerjaan. Tidak lebih dari itu. Karena apabila itu terjadi maka berzinalah hukumnya.
وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. 17-Al-Isra : 32
Sedangkan pacaran adalah aktivitas layaknya suami istri. Jalan, duduk dan tinggal berduaan. Keduanya pantas melakukannya karena telah disahkan oleh agama melalui akad nikah. Dan ini hanya bisa dilakukan apabila usianya telah dewasa. Dan dewasa yang dimaksud sudah cukup umur (baligh), mumayyiz (boleh) dan mapan (sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan). Maka bagi pelajar hal ini tidak dibenarkan. Apalagi pacaran dengan alasan taaruf.
Dengan demikian, semestinya pelajar menjauhi pacaran agar terselamat dari perbuatan zina. Dan biasanya yang paling dirugikan adalah kaum wanita. Memang manusia diberi Tuhan rasa suka dan mencintai, tetapi itu ada waktu dan batasnya. Maka isilah waktu dengan hal-hal positif, bikin prestasi sebagai wujud bakti kepada orang tua dan pilih pilah dalam bergaul yang mendekati Tuhan, bukan sebaliknya.
Selalu berpikiran positif dan yang paling penting adalah jaga diri dan rajin ibadah agar Tuhan melindungi dari godaan syaitan yang terkutuk. Sudah PAS ya mengapa pacaran itu tidak ada dan terlarang ?!
Study Yes. Zina No !!
Silah berikan pendapat dan pertanyaan di kolom komentar. Jangan lupa sertai Nama lengkap dan kelas.

Comments